Home Top Ad

Responsive Ads Here

BELAJAR ANGKA DALAM BAHASA INGGRIS PART 1

Share:



Hallo tulisan kali ini akan membahas tentang angka atau yang disebut dengan NUMBER

Hi, students! How's your life? 

Pada kesempatan ini, kita akan belajar sesuatu yang seru dan pastinya tidak membosankan ya guys. pembelajaran kali ini adalah mengenai ANGKA didalam bahasa inggris

Kalian pasti sudah tidak familiar lagi kan dengan penyebutan angka didalam bahasa indonesia, dari mulai jenjang SD (elementary school) pasti kalian sudah sangat fasih mengenal angka-angka satuan, belasan, puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan. Tapi, gimana sih cara penyebutan angka nya didalam bahasa inggris ??

Didalam pembelajaran bahasa Inggris number diajarkan sejak kelas 3 SD , angka/number dibagi menjadi dua jenis, yaitu cardinal numbers dan ordinal numbers. Pada sesi kali ini, kita akan membahasa tentantang cardinal numbers terlebih dahulu ya teman-teman. Ayo langsung saja kita kupas satu persatu pembahasannya. KEEP WATCHING YA !


*. Cardinal numbers

Cardinal numbers adalah angka untuk menerangkan/menjelaskan bilangan bulat. For examples: one, two, three, for, five, six etc. Didalam cardinal numbers terdapat yang namanya basic numbers dintaranya ada angka satuan), belasan, puluhan, ratusan, ribuan, jutaan, dan seterusnya.

Selanjutnya kita akan belajar terlebih dahulu bagaimana cara membaca cardinal numbers dari satuan hingga ke ratusan... Yuk simak dengan seksama !

A. Angka awalan (Satuan)

Angka awalan ini dimulai dari 0 sampai 10. Untuk penulisan ejaan dalam bahasa inggris nya dapat kamu lihat pada gambar di bawah ini:


B. Angka belasan

After studying basic numbers, kita akan lanjut ke angka belasan. Angka belasan ini dimulai dari 11 sampai 19. Belasan memiliki kata kunci yang bisa kalian terapkan di belakangnya menggunakan (TEEN) yang dimulai dari angka 13 sampai dengan 19.. berikut cara penulisannya:

 

C. Angka Puluhan

Angka puluhan terdiri dari 20 sampai 99. Astaga, banyak sekali bukan ? Wkwkw tapi bukan jadi masalah besar kok! Tetap fokus perhatikan ya.. Ada pola yang perlu kalian perhatikan dan ingat dalam membaca angka puluhan dalam bahasa inggris.. misalnya angka 20 penulisannya twenty nah bagaimana dengan 21 ?? Yaa tinggal digabungin aja, 21 ditulis twenty-one, 22 twenty-two..  polanya gampang, hanya ditambahkan (TY) dibelakangnya saja jadi kalo 30, thirty.. 31, thirty-one.. mudah bukan ????? Jangan lupa untuk menghubungkannya gunakan tanda strip (-)

D. Angka Ratusan/ HUNDREDS

Kita lanjut ketahapan yang agak tinggi yaitu ke angka ratusan. Angka ratusan ini, bisa disebut juga dengan hundreds karena ratusan dalam bahasa Inggris adalah “hundred”

Dibawah ini adalah cara bacanya: 

100 (one hundred) , 200 (two hundred), 300 (three hundred), 400 (four hundred), 500 (five hundred), 600 (six hundred), 700 (seven hundred), 800 (eight hundred), 900 (nine hundred)..

Mudah sekali kan guys! Nah selanjutnya pola membaca angkanya seperti 101 ( one hundred and one) 230 (two hundred and thirty) 355 ( three hundred and fifty-five)

Formulanya : ratusan + and + basic number


Sangat mudah bukan belajar mengenai angka.. pada tulisan selanjutnya saya akan membahan lagi cardinal numbers ribuan, puluhan ribu, ratusan ribu, dan jutaan.. 

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua, terimakasih .. 




Gimana? Paham ya sampai sini?

Tidak ada komentar